Tinggalkan komentar

PEMBANGUNAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP LINGKUNGAN SOSIAL EKONOMI

PENDAHULUAN
Kegiatan pembangunan adalah merupakan upaya manusia memanfaatkan dan mendayagunakan sumberdaya alam dan lingkungan guna meningkatkan taraf hidupnya.
Begitu cepatnya perkembangan peradaban manusia, terutama karena dukungan kemampuan untuk mengembangkan ilmu dan teknologi yang dikuasai, sehingga manusia dengan kemampuan tersebut mampu menguasai dan memanipulasi alam lingkungan untuk kepentingan dirinya. Jika keadaan seperti ini berlangsung secara cepat dan manusia lupa akan kewajaran dalam memanfaatkan sumberdaya alam tersebut, maka lambat atau cepat akan muncul berbagai masalah lingkungan yang sangat merugikan kelangsungan hidup umat manusia seperti : terjadinya erosi tanah, banjir, kekeringan, pencemaran (udara, air, tanah), pemborosan sumberdaya alam, bahkan kelaparan (dampak tidak langsung).
Munculnya berbagai masalah lingkungan seperti yang diuraikan diatas, tidak lain karena keputusan dan kebijaksanaan pembangunan hanya didasarkan kepada kepentingan ekonomi (produksi), teknologi canggih, tanpa memperhatikan aspek kepentingan lingkungan. Berangkat dari pengalaman tersebut, muncullah era pemikiran baru bahwa “ Pemecahan masalah-masalah akibat kegiatan pembangunan tidaklah cukut hanya dengan mengandalkan ilmu dan teknologi semata, namun harus melalui pemahaman hubungan timbale balik antara manusia dengan lingkungan hidupnya secara menyeluruh”

Pertimbangan ini didasarkan pada kenyataan bahwa lingkungan hidup perlu tetap dijaga kemampuan dan daya dukungnya karena lingkungan hidup mempunyai fungsi :
a.    Sebagai ruang tempat tinggal manusia
b.    Sebagai sumberdaya, baik hayati maupun non hayati yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia
c.    Dapat memberikan pelayanan dan perlindungan bagi kepentingan manusia.
Sehubungan dengan itu, maka setiap kegitan pemanfaatan pendayagunaan sumberdaya alam dan ligkungan hidup harus didasarkan pada :
a.    Dayaguna dan hailguna yang optimum dalam batas-batas kelesatriannya yang mungkin dapat dicapai
b.    Tidak mengurangi kemampuan dan kelestarian sumberdaya alam yang lain dalam suatu ekosistem,
c.    Memberikan kemungkinan untuk mempunyai pilihan penggunaan bagi pembangunan dimasa depan.

DAMPAK SOSIAL EKONOMI
Pembangunan di berbagai sektor pada dasarny mempunyai sasaran dan tujuan yang sama yaitu emi kepentingan masyarakat luas, dan umumnya semua pembangunan proyek akan mengakibatkan perubahan dalam bidang sosial ekomoni. Dampak tersebut dapat dilihat dari tujuan pembangunan proyek tersebut.
Adanya dampak Sosial Ekonomi yang ditimbulkan oleh kegiatan suatu proyek dapat dikategorikan sebagai dampak langsung dan dampak tidak langsung. Disamping katagori dampak diatas, dampak lingkungan dapat dikatagorikan sebagai dampak konkrit dan dampak yang abstrak. Dampak konkrit adalah dampak yang dapat diamati, misalnya perekrutan/penerimaan tenaga kerja, jumlah pekerja yang dibutuhkan. Sedang dampak. Abstrak adalah suatu dampak yang dialami oleh manusia berupa persepsi; seperti resah, gelisah dan sebagainya. Contoh dampak yang sifatnya abstrak adalah persepsi negative masyarakat terhadap pembangunan suatu proyek atas ganti rugi lahan penduduk yang tidak sesuai.
Untuk lebih memahami dampak sosial ekonomi dari suatu pembangunan proyek berikut ini akan dicobamenguraikan secara singkat profil kegiatan penambangan Bahan Galian C oleh PT Hasnur Jaya Utama yang  berlokasi di kawasan tangkiling tepatnya dibukit kalalawit. Berdasarkan letak endapan yang akan digali dan jenis peralatan yang akan digunakan, maka jenis penambangan yang akan dilakukan adalah jenis Side Hill Type Quarry, yaitu suatu sistem penambangan yang dipakai untuk jenis batuan an endapan mineral industri yang terletak dilereng bukit atau endapannya berbentuk bukit. Endapan yang akan digali adalah berupa batuan jenis andesit yang terletak di daerah perbukitan kalalawit dengan ketinggian maksimum 180 meter di atas permukaan laut dengan kemiringan maksimum 350.
Dalam Pelaksanaannya, kegiatan penambangan bahan galian c ini akan mencakup tahap-tahap kegiatan seperti
a.    Tahap Pra Konstruksi (Persiapan)
Kegiatan pada tahap ini mencakup kegiatan survei, pembebasan lahan, pemindahan penduduk, pembersihan lahan, mobilisasi alat berat dan tenaga kerja, pembangunan sarana dan prasarana, serta penerimaan tenaga kerja. Diantara kegiatan yang dilakukan pada tahap ini, maka kegiatan yang diperkirakan dapat menimbulkan dampak potensial terhadap lingkungan Sosial Ekonomi adalah kegiatan pembebasan lahan, pembersihan lahan, mobilisasi peralatan dan tenaga kerja, pembangunan sarana dan prasarana, penerimaan tenaga kerja.
b.    Tahap Konstruksi (Operasi)
Pada tahap ini, ada beberapa kegiatan yang dilakukan, seperti kegiatan penggalian/penambangan, pengolahan, pengangkutan, pembuangan dan penanganan limbah dan pemasaran. Pada tahap ini diperkirakan dapat menimbulkan dampak potensial terhadap lingkungan sosial ekonomi adalah seluruh kegiatan.
c.    Tahap Pasca Konstruksi (Purna Operasi)
Ada dua kegiatan utama yang dilakukan pada tahap ini, yaitu pertama adalah demobilisasi peralatan dan tenaga kerja (PHK), kedua adalah reklamasi bekas lahan kegiatan; kedua kegiatan tersebut diperkirakan dapat menimbulkan dampak potensial terhadap lingkungan Sosial Ekonomi.
Agar pemahaman kita terhadap proyek penambangan bahan galian C terhadap komponen lingkungan sosial ekonomi, berikut ini akan digambarkan Matriks Identifikasi Dampak Penting Kegiatan Penambangan Bahan Galian Golongan C PT. Hasnur Jaya Utama di Kawasan Tangkiling.

PENANGANAN DAMPAK SOSIAL EKONOMI

Setelah identifikasi dampak potensia lingkungan sosial Ekonomi yang kemungkinan ditimbulkan oleh kegiatan penambangan bahan galian C oleh PT Hasnur Yaja Utama, maka langkah berikutnya adalah mencoba melakukan penanganan terhadap dampak Sosial Ekonomi yang telah terjadi seperti :
a.    Melakukan pendekatan kepada masyarakat pemilik lahan, dilanjutkan dengan inventarisasi terhadap tanah yang akan dibebaskan, meliputi luas lahan dan status kepemilikan lahan.
b.    Memberikan informasi kepada masyarakat untuk meyakinkan mereka bahwa kegiatan penambangan tersebut tidak akan merugikan masayarakat. Informasi yang diberikan berupa jenis dan tata cara penambangan, luas lahan yang diperlukan untuk fasilitas pendukung kegiatan penambangan dan tata cara dari penambangan lahan tersebut.
c.    Melakukan penyuluhan kepada para penambang tradisional tentang status lahan setelah dibebaskan dan membuat jalan alternatif bagi mereka yang selama ini memanfaatkan lokasi penambangan sebagai jalan keluar masuk bagi kegiatan penambangan tradisional.
d.    Membuka kesempatan kerja kepada masyarakat sekitar lokasi pemilik areal lokasi untuk menjadi tenaga kerja non skill pada perusahaan, seperti pekerjaan penumpukan material dari petugas jaga malam.
e.    Melakukan pembayaran ganti rugi yang pantas kepada masyarakat yang lahannya terkena pembangunan fasilitas pendukung seperti gudang peledak, lokasi penimbunan, pabrik pengolahan dan fasilitas jalan.
f.    Menjalin interaksi sosial yang harmonis dengan masyarakat sekitar lokasi dalam rangka mencegah kecemburuan sosial.

DAFTAR PUSTAKA
1.    Chafid Fandeli, 1992. Analisis mengenai Dampak Lingkungan Prinsip Dasar dan Pemapanannya dalam Pembangunan.Penerbit; Liberty, Yogyakarta
2.    Ruben Tinting, 2002. Dasar-dasar Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Makalah), Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) Universitas Palangka Raya
3.    Rudin Baruadi, 2002. Aspek Sosial Ekonomi Budaya Masyarakat Pesisir Pantai, Pusat Studi Lingkungan (PSL) Universitas Hasanudin, Ujung Pandang,
4.    Sudartho P. Hadi, 1999. Aspek Sosial AMDAL, Sejarah Teori dan Metode, Gajah Mada University Press, Yogyakarta

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: